ACQUIRING KNOWLEDGE

Berikan penjelasan dan sertai dengan contoh atau alasan untuk mendukung pandangan anda tentang aspek-aspek berikut :

(perhatikan untuk menjelaskan dan bukan menterjemahkan sesuai dengan isi slide)

  1. Jelaskan beda dari 3 knowledge goal yang ada (Stretegic, operational, normatif)

Jawaban

Strategic knowledge goal

Knowledge ini lebih diarahkan pada sasaran untuk  perbaikan sesuai dengan target dimasa yang akan datang. Perusahaan akan mencapai sasaran tersebut dengan strategic knowledge yang mana akan mempengaruhi posisi perusahaan dalam dunia pasar. Strategi ini digunakan untuk menentukan key yang akan menjadi knowledge utama yang harus dimiliki perusahaan untuk mencapai tujuan dalam pengembangan dari setiap kegiatan yang akan dilakukan perusahaan.
Contoh : FedeEx, awalnya adalah sebuah perusahaan pengiriman express, kemudian menjadi perusahaan logistic global dan perusahaan pengelola rantai pemasok (supply-chain). Dalam perkembangannya, FedEx melakukan investasi yangg besar dalam IT dengan cara menggunakan strategi dalam reorganisasi struktur organisasi, reorganisasi operasi internal, dan menarik pelanggan dengan value-added yg diberikan melalui integrasi IT untuk mempermudah FedEx melakukan bisnis dengan seluruh customer FedEx .

Operational knowledge goal

Operational knowledge diarahkan pada pendekatan perusahaan dalam pemanfaatan knowlege untuk mencapai tujuan dalam jangka pendek agar berpengaruh pada posisi perusahaan di dunia pasar. Penerapan dari setiap knowledge diimplementasikan pada operational knowledge sehingga sesuai dengan apa yang diharapkan.

Contoh: FedEx, menggunakan IT untuk mengoptimalkan layanan kepada masyarakat dan memiliki transpostasi untuk melakukan kegiatan operational untuk mendukung service kepada pelanggan .

Normatif knowledge goal

Normatif knowledge menekankan pada point pengembangan kearah pembangunan budaya dalam bentuk knowledge untuk mendukung pencapaian tujuan perusahaan. Knowledge ini juga merupakan knowledge pendukung tercapainya strategic dan operational goal. Tujuan dari normative knowledge yaitu membangun suatu kesadaran terhadap pengaruh dari budaya dan pentingnya budaya terhadap pencapaian tujuan perusahaan.

Contoh: Pada perusahaan multipolar setiap bulannya diadakan pengumpulan ide dan saran dari seluruh karyawannya (diwajibkan) perdivisi yang mana akan ditampung serta dianalisa. Ide yang kreatif dan inovatif yang dipandang bisa memberikan value bagi perusahaan akan mendapat reward berupa bonus yang akan di akumulasi setiap penerimaan bonus sesuai dengan ketetapan perusahaan.

  1. Jelaskan perbedaan antara knowledge identification dan knowledge acquisition

Jawaban

Knowledge Identification

Merupakan tahapan untuk mengidentifikasi knowledge yang sudah dimiliki perusahaan atau internal knowledge  dengan melihat:

  • Siapa yang akan meggunakan knowledge tersebut,
  • Untuk apa knowledge tersebut digunakan
  • Apa isi dari knowledge tersebut.

Hal ini merupakan awal dari pembangunan dan pengembangan knowledge management
Contoh: Pada saat melakukan rapat kerja, dilakukan identifikasi knowledge untuk  menentukan apakah knowledge yang terbaik untuk dikembangkan dalam pencapaian tujuan.

Knowledge Acquisition

Melihat knowledge yang belum dimiliki yang ada diluar perusahaan atau external knowledge tetapi berguna untuk perusahaan dalam pencapaian knowledge goal. Kemudian knowledge ini akan diadopsi serta disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan untuk pencapaian tujuan perusahaan.
Contoh: Sebuah perusahaan mempekerjakan seorang ekspert/ consultan dalam melakukan pengembangan knowledge management perusahaan.

Knowledge identification dalam pelaksanaannya lebih kearah internal perusahaan, sedangkan knowledge acquisition lebih kearah eksternal perusahaan (mengadopsi eksternal knowledge)

  1. Jelaskan beda dari 3 pendekatan dalam knowledge identification (Struktural, activities, behavioral)

Jawaban

Structural

Pendekatan structural merupakan pendekatan kearah struktur organisasi, agar dapat mengidentifikasi knowledge berdasarkan aspek structural.

Contoh: Peraturan perusahaan untuk karyawannya, SOP disetiap struktur organisasi, dll.

Activities

Pendekatan lebih ke aktifitas orang didalam struktur organisasi, dan lebih rinci dari knowledge yang ada di structural

Contoh: Cara seorang marketing menarik pelanggannya, keahlian yang dimiliki seorang audit akuntan dalam mengaudit keuangan perusahaan, dll.

Behavior

Pendekatan lebih kearah budaya organisasi, dimana budaya terbebut mendukung perkembangan knowledge didalam organisasi.

Contoh: Budaya disiplin, serta peraturan untuk menciptakan budaya perusahaan untuk mendukung knowledge perusahaan.

  1. Jelaskan bagaiman cara menghasilkan fitur dengan melihat dari knowledge goal dan knowledge identification

Jawaban

Cara menghasilkan fitur dari knowledge goal dan knowledge indentification adalah dengan menggunakan knowledge goal dan knowledge indentification yang telah dirumuskan. Dengan adanya knowledge goal maka sudah ditentukan goal yang akan dicapai. Kemudian berdasarkan goal tersebut dilakukan knowledge identification untuk menemukan knowledge/core knowledge yang dapat digunakan untuk mencapai goal tersebut. Dengan knowledge yang sudah diidentifikasi (struktur,activities,behavioral) maka akan menciptakan fitur dan kompetensi pasar yang  dapat mempercepat laju pertumbuhan perusahaan di pasar.

  1. Apa itu knowledge map ? berikan contohnya ? Untuk tipe knowledge seperti apa (lihat pertanyaan nomor 3) yang cocok untuk knowledge map, berikan penjelasannya..

Jawaban
Knowledge map adalah cara pemetaan knowledge didalam perusahaan/organisasi berdasarkan keahlian yang dimiliki perorangan atau team, sehingga lebih memudahkan untuk melakukan pengelolaan knowledge didalam perusahaan/organisasi. Knowledge map juga membantu dalam knowledge identification.

Contoh: Dalam sebuah project penempatan karyawan sesuai keahlian, dll.

Sedangkan tipe knowledge yang cocok untuk knowledge map menurut saya adalah dari segi  structural dan ativities. Knowledge tructural dan ativities akan dimap kepada karyawan sesuai dengan kemampuan dan keahlian sesuai dengan kemampuan dan tingkat knowledge yang ada.

Leave a Reply